Kamis, 28 Februari 2013

Remote Dekstop untuk Proses Belajar Mengajar


Remote Dekstop untuk Proses Belajar Mengajar

Merasa kesulitan untuk me-remote komputer siswa?Merasa bosan menggunakan metode belajar yang tidak interaktif?Untuk menyelesaikan persoalan ini,coba gunakan iTALC.

Bayangkan jika Anda seorang guru komputer yang mempunyai 10 murid atau lebih,dimana tiap siswa masing-masing menggunakan sebuah PC,dan berada di sebuah atau berbeda ruangan.Bagaimana Anda dapat memantau semua murid Anda dengan menggunakan sebuah PC secara bersamaan,tanpa harus mendatangi mereka satu persatu?
            Solusi cerdas bagi masalah di atas adalah menggunakan iTALC.Aplikasi yang dapat berjalan pada sistem operas Linux maupun Windows ini bertugas untuk mengatur setiap PC siswa mulai dari mengamati,me-remote,melakukan demonstrasi,menghidupkan dan mematikan,semua dapat dilakukan dengan aplikasi ini.Aplikasi ini dapat bekerja pada koneksi TCP,dan tidak hanya dapat menghubungkan kelas dengan jaringan di rumah siswa.Untuk mengenal lebih lanjut penggunaan iTALC,silakan ikuti penjelasan berikut.

Instalasi iTALC
Instalasi iTALC dibagi menjadi dua,yaitu instalasi  iTALC master dan Italc client.Berikut tahapan instalasinya.

Instalasi iTALC Master
Instalasi ini dilakukan pada komputer Server sebagai pengendali kelas.Perhatikan pembuatan autentifikasi.
  1. Pertama instalasi italc master pada italc server,login sebagai root dan jalankan perintah instalasi italc master.
 # apt-get install italc-master
  1. Edit pada file /etc/gdm/Init/Default dan /etc/gdm/PreSession/Default dengan menggunakan editor favorit Anda.Kemudian tambahkan baris berikut pada baris paling atas setelah tanda pagar(#)
 killall ica
 /usr/local/bin/ica &
  1. Buat kunci untuk autentifikasi menjalankan italc master dengan menjalankan perintah berikut.
 # ica -role teacher -createkeypair
  1. Tambahkan Group italc ke dalam sistem,supaya user Anda bisa menggunakan italc master.
 # addgroup italc
  1. Masukkan user yang Anda gunakan sebagai iTALC server ke dalam group italc yang telah dibuat sebelumnya.
 # adduser zaky italc
  1. Ubah kepemilikan group dari folder etc/italc/keys/private/ menjadi group italc.
 # chgrp -R italc /etc/italc/keys/private/
  1. Saat ini instalasi iTALC master selesai.Untuk menggunakannya,klik Application | System Tools | iTALC master interfaces.
  2. Jika konfigurasi diatas sudah benar maka akan muncul aplikasi iTALC master yang siap digunakan.

Instalasi iTALC Client
Instalasi ini dilakukan pada setiap PC user yang ingin dikelola.
  1. Langkah pertama yang harus dilakukan pada klien adalah instalasi paket italc-client.
 # apt-get install italc-client
  1. Berikutnya mengirimkan key public dari italc master ke italc client.Pengiriman ini dilakukan dari PC iTALC master.
 # scp -p /etc/italc/keys/public/teacher/key try@192.168.4.63:/tmp/
            NOTE:Dalam perintah diatas,alamat IP PC Client adalah 192.168.4.63.
  1. Pindahkan atau salin file yang dikirimkan dari Italc master ke dalam folder /etc/italc/keys/public/teacher/.
 # mv /tmp/key /etc/italc/keys/public/teacher/
  1. Ubah izin akses menjadi milik user dan group dari root,dengan menjalankan perintah di bawah ini.Penyalinan ini dilakukan dari PC iTALC Client.
 # chown root:root /etc/italc/keys/public/teacher/key

Cara menggunakan iTALC Master
Berikut cara menambahkan user yang hendak dikelola,mulai dari pembagian kelas untuk tiap user,dan yang lainnya.Untuk melakukan hal ini,dilakukan langkah-langkah berikut:
  1. Menambahkan User/Client cukup mudah dilakukan.Setelah menjalankan iTALC masternya,klik kanan pada kolom bagian kanan,dan pilih Add Classroom.
  2. Mucul jendela untuk memasukkan nama kelas baru yang ingin ditambahkan,dalam hal ini Kelas Linux Terpadu.
  3. Penambahan kelas akan terlihat pada kolom sebelah kiri,klik kanan pada Kelas Linux Terpadu,pilih Add Computer.
  4. Jendela pengaturan client/user akan segera muncul.isikan field sesuai dengan keterangan italc-client yang Anda ingin kelola,misalnya Hostname,IP_Address,dan lain-lain.
  5. Penambahan klien/user juga akan terlihat pada kolom sebelah kiri persis di bawah kelasnya masing-masing,Anda bisa menambahkan user lainnya dengan cara yang sama.Untuk menampilkan user yang Anda kelola,klik kanan pada kolom bagian kanan pilih nama kelas dari user yang Anda inginkan.
  6. Setelah terhubung,maka user yang termasuk di dalam kelas yang Anda pilih akan muncul pada bagian kolom iTALC master Anda.

Meremote klien dari iTALC Master
Cara ini bermanfaat untuk melakukan remote atau pengendalian jarak jauh terhadap user.Anda bisa menggunakan PC user seperti Anda berada pada PC sendiri.Berikut langkah penggunannnya.
  1. Sebagai PC iTALC master,Anda diijinkan me-remote user yang Anda kelola.Caranya,klik kanan pada user yang terdapat pada kolom kanan,lalu pilih Remote Control.
  2. Kemudian italc-master akan melakukan koneksi ke dalam sistem User/Klien.Apabila PC iTALC master telah terkoneksi,maka Anda dapat me-remote PC client dari PC master secara keseluruhan.

Mengirimkan pesan kepada user
Jika Anda ingin memberikan informasi ke pada satu atau lebih User,lakukan langkah-langkah dibawah ini,dan pesan Anda akan segera diterima oleh User.
  1. Untuk mengirimkan pesan kepada user yang Anda inginkan,klik kanan pada user yang ada pada kolom kanan iTALC master,lalu pilih Send Text Message.
  2. Terlihat pada layar jendela untuk menulis pesan ke pada user yang telah Anda pilih.Ketik pesan Anda didalam kolom Send Text Message,dan setelah selesai klik OK pesan akan segera terkirim.
  3. Beralihlah menuju PC user yang dikirimi pesan oleh iTALC master.Pada dekstop akan terlihat pesan dari iTALC master.Pada dekstop aka terlihat pesan dari iTALC master yang dikirimkan melalui server.

Mengunci display/layar user.
Anda dapat melakukan lock atau penguncian dari iTALC master kepada dekstop user Anda.Penguncian ini dimaksudkan agar siswa dapat menggunakan PC mereka.
  1. Melakukan pengucian terhadap dekstop user dapat dilakukan dengan cara berikut.Klik kanan pada user yang terdapat pada kolom kanan,lalu pilih Locked Display.
  2. Setelah melakukan langkah diatas,user yang dikunci akan terlihat gambar gembok pada display/desktop user.Langkah ini akan membuat user tersebut tidak dapat menggunakan dekstop mereka,sampai Anda membuka/meng-unlock halaman display kembali.

Melihat Demonstrasi Siswa
Sekarang bukan saatnya siswa menulis di papan tulis ataupun maju ke depan untuk menunjukan tugas atau kemampuan mereka.Dengan adanya italc ini setiap siswa mampu melakukannya dari PC mereka masing-masing.
  1. Untuk melihat demonstasi yang dilakukan oleh siswa dari iTALC master,klik kanan pada user yang ada pada kolom kanan,kemudian pilih lets student show demo.
  2. Setelah itu Anda akan memasuki mode fullscreen di mana dapat terlihat dekstop dari user,dan Anda bisa melihat demo yang dilakukan oleh user secara jelas.
  3. Apabila demo sudah selesai dilakukan dan Anda ingin keluar dari fullscreen,arahkan kursor mouse Anda keatas dan akan muncul menu-menu,pilih Quit untuk keluar dari fullscreen dan kembali ke menu awal.

            Demikia langkah mengonfigurasi iTALC untuk kebutuhan remote dekstop siswa.Untuk tips lain seputar iTALC, akses saja url http://italc/sourceforge.net/wiki-index.php?title=Main_Page. Selamat  mengajar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jangan yang ngada-ngada