Kamis, 28 Februari 2013

remaster suse studio


Membuat Distro Linux Dengan Remaster dengan SUSE Studio
Apakah anda ingin menciptakan sebuah distro linux dari web.
            Bagi anda yang ingin menciptakan sebuah Sistem Operasi berbasis linux bisa dikerjakan di www.susestudio.com yang termasuk Free dengan anda diberikan space 15 GB,ketika anda mendaptar dan dapat membuat sofware appliance yang merupakan kombinasi dari Aplikasi,Kongfigurasi,dan sistem operasi.
            Kemudian yang disediakan oleh SUSE Studio dapat membuat seorang newbie merancang distro linux.SUSE Distro ini harus membutuhkan login dengan membuat diri anda diundang oleh SUSE Studio,Berikut langkah untuk anda diundang oleh SUSE Studio:
1.      Untuk mendapatkan undangan isikan bagian:"Still need an account?" dengan alamat e-mail anda.Klik Request invitation.
2.      Tahap kedua adalah anda diminta untuk memberikan alasan mengapa ingin menggunakan layanan SUSE Studio.
3.      Apabila sudah dilewati anda harap menunggu waktu sampai undangan dari SUSE Studio dikirimkan ke alamat e-mail anda.
4.      Buka dan cek e-mail anda lihat apakah sudah masuk atau belum,bila sudah sampai ada e-mail dengan sudjek "Suse Studio Feedback".Klik link yang terdapat dalam e-mail tersebut.
5.      Anda akan otomatis masuk ke dalam halaman web SUSE Studio,dan akan ada konfirmasi tentang alamat akun e-mail anda.Kilk allow untuk mengizinkan SUSE Studio mengambil informasi yang dibutuhkan dari alamat e-mail anda.
6.      Selesailah sudah tahap pendaptaran hingga mendapatkan undangan,dan selanjutnya anda akan disambut oleh halaman selamat datang dari SUSE Studio,apabila anda setuju,kilk continue untuk melanjutkan.

Pemilihan Base Template
Pada bagian ini anda akan memilih dekstop enviroment yang akan digunakan oleh sistem anda nantinya.
1.    Disini anda memilih template yang disediakan.Beberapa base template antara lain JeOS,GNOME,KDE,dan server yang digunakan SUSE Linux Enteprise 10 dan 11.
2.    Pililah base template untuk sistem anda,beserta arsitektur yang digunakan ,apakah 32 bit-64 bit,supaya sistem dapat berjalan pada komputer anda.”Klik Create Appliance”.
3.    Sampai pada tab start dimana semuanya akan berawal berikan nama appliance bebas sesuai keinginan anda.Klik "Switch to the sofware tab to continue" untuk lanjut ke tahap berikutnya,yaitu pemilihan sofware.

Pemilihan Sofware
Saatnya untuk memilih paket-paket atau sofware sesuai dengan kebutuhan sistem operasi GNU/Linux anda nantinya.Terdapat ratusan,bahkan ribuan paket yang dapat anda gunakan.
1.      Saatnya memilih paket yang ada inginkan.karena anda sudah memilih base template sebelumnya,berarti anda sudah mempunyai dasar sistem operasi GNU/Linux.Pilih paket yang hendak anda instal,misalnya pada bagian Recomended atau To be installed.
2.        Sebagai contoh apabila anda menginginkan aplikasi OpenOffic.org masuk didalam distribusi GNU/Linux anda,klik pada bagian Office,dan klik tombol add pada sebelah kiri untuk menambahkan paket hingga muncul tanda centang pada nama paket.

Kongfigurasi sistem.
Disini anda mengatur sistem dengan kenginan anda.Pengaturan tersebut adalah mulai dari General,Personalize,Startup,Server,Desktop,Storage & Memory,dan Scripts.
1.        Untuk melakukan pengaturan kongfigurasi sistem,anda dapat melakukan klik pada tab Configuration,setelah tab sofware pada halaman web SUSE Studio.Terdapat beberapa kongfigurasi yang harus di set untuk distribukan anda.
2.      Pada general adalah pengaturan bahasa,keyboard,timezone,network,firewall,dan juga nama user dan password user anda.Aturlah sesuai dengan keinginan anda.
3.        Beralih ke bagian personalize.Di sini telah disediakan logo dan background default dari OpenSUSE,tetapi bila anda ingin mengubah,anda dapat lakukan upload logo dan background.
4.      Klik bagian startup,tentukan runlevel yang hendak anda gunakan,jika anda menginginkan distro berbasis graphical ,pilih runlevel 5:Graphical Login,apabila ingin berbasis server,pilih runlevel 3 atau 1.
5.        Bagian server dikhususkan jika anda menginginkan membuat MySQL Server pada distribusi anda.Jika tidak memerlukannya,anda tidak usah memberi tanda centang,dan dapat melanjutkan ke bagian berikutnya.
6.      Pada bagian dekstop,yaitu pengaturan automatic login jika anda malas memasukan username dan password login,anda dapat mengatur auto start program,yaitu menentukan program apa saja yang dijalankan ketika booting dimulai.
7.      Storage & Memory adalah pengaturan jika menggunakan virtual machine VMware atau Xen.Anda dapat menentukan ukuran RAM dan besar disk yang digunakan serta ukuran swap untuk distribusi anda.
8.      Terakhir adalah bagian scripts,yaitu jika anda mempunyai beberapa skrip yang akan disisipkan pada saat pembuatan distribusi atau yang akan dijalankan pada saat distribusi GNU/Linux anda melakukan booting.

Proses Pembuatan.
Sampailah anda pada tahap akhir proses pembuatan distribusi GNU/Linux.Perhatikan langkah-langkah di bawah ini:
1.      Klik tab Overlay files pada halaman web SUSE Studio anda dapat melakukan upload file kostumisasi,dan jika tidak saatnya melanjutkan ke dalam proses Build.
2.      Pada tab Build,anda akan diminta untuk memilih format yang anda inginkan.Format yang ada,antara lain USB/Harddisk image,Live CD/DVD,VMware/Sun Virtualbox,dan Xen.
3.      Setelah loading proses pembuatan selesai,terdapat tiga pilihan,yaitu tesdrive untuk tes langsung,download untuk mengambil file iso,dan view file untuk melihat isi.

Testing distribusi GNU/Linux.
Distribusi GNU/Linux impian anda sudah terbentuk saat ini sekarang,saatnya untuk menggunakanya.Ikuti tip di bawah ini:
1.      Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa fungsi testdrive.Klik testdrive,dan disto anda akan berjalan pada halaman web SUSE Studio.Lamanya proses loading tergantung dari kecepatan Internet.
2.      Anda dapat melakukan cloning dari sistem yang sudah anda buat sebelumnya,Caranya?Klik Home pada bagian atas halaman web,dan pilihlah distro dan kilk clone.
3.      Apabila anda ingin mendapatkan md5sum distro anda,klik link view checksun untuk mendapatka md5sum,vertifikasi md5,serta SHA file distro anda.
4.      Apakah anda mengenal KIWI?KIWI adalah aplikasi yang digunakan untuk melakukan remastering OpenSuse berbasiskan GUI.Apabila anda masih ingin melakukan remastering dengan menggunakan Kiwi,klik "Exprot your appliance's Kiwi congfiguration"dan klik"Download appliance source"untuk mendownload soure yang diperlukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jangan yang ngada-ngada