Kamis, 28 Februari 2013

Komunikasi gratis via Skype


Komunikasi gratis via Skype
“Be together,where ever you are.”Motto dari Skype yang membuat anda terkoneksi dengan siapapun dan dimanapun Anda berada di belahan dunia ini.Skype akan membuat Anda merasa dekat dengan orang yang Anda cintai,

Skyepe merupakan teknologi yang sudah tidak diragukan lagi kemampuannya dalam menyediakan saran komunikasi suara tingkat tinggi,mengirim pesa,dan juga komunikasi visual melalui Internet.Skype diciptakan oleh wirausahawan bernama Niklas Zennstrom dan Janus Friis,Skupe lalu berkomperisi dengan protokol terbuka VoIP yang sudah ada,seperti SIP,IAX,dan H.323.Grup Skype yang dibentuk pada bulan September 2003,lalu dibeli oleh perusahaan lelang Internet  di Amerika,e-Bay,pada bula September 2005,dan bermakas di Luxemburg,Jerman,dan kantor-kantor di Inggris,Praha,Rusia,dan AS.Penggunaan yang gratis maupun berbayar dari Skype membuat pengguna di seluruh dunia dapat berkomunikasi tanpa batas.

Instalasi Skype
Instalasi Skype terbilang sangat mudah dan sederhana.Tidak ada trik khusus untuk melakukannya.Anda hanya membutuhkan waktu sekitar +/- 5 menit untuk melakukan proses instalasi.Berikut tahap instalasi Skype:
  1. Download Skype versi terbaru dari alamat website http://www.skype.com/go/getskype-linux-beta-static.
  2. Setelah di-download,kemudian ekstrak file download Skype yag berfomat tar.bz2.
  3. Masuk ke dalam folder hasil ekstrak Skype,dan cari file eksekusi bernama Skype.File ini yang akan melakukan instalasi secara otomatis.Cara menggunakan file ini adalah dengan melakukakn klik kanan pada file Skype | pilih Open.
  4. Apabila file tidak rusak,maka Anda akan melihat halaman disclaimer dari Skype yang meminta Anda untuk menyetujui atau menolak User License Agreement dari Skype,sebelum Anda menggunakannya.Pilih Accept.
  5. Proses instalasi selesai,dan Anda akan melihat halaman login Skype.Masukkan username jika Anda sudah mempunyai Username Skype,beserta dengan password-nya.
  6. Jika Anda sign-out dan ingin login kembalo,jalankan saja file Skype pada direktori hasil ekstrak sebelumnya untuk menampilkan halaman login.

Instalasi Skype dari Repositori
Bagi pengguna distro Ubuntu,selain dapat menggunakan instalasi dari paket tarball Skype,Anda juga dapat menginstalasikan paket Skype yang terdapat pada server repository.Berikut tahap instalasi paket Skype yang terdapat pada repository Ubuntu 9.04:
  1. Jalankan Synaptic Package Manager dari menu System | Administrations | Synaptic Package Manager.
  2. Masukkan password user,kemudian akan muncul jendela Synaptic.Ketik Skype pada menu quick search,klik kanan pada paket Skype-mid,pilih Mark for Instalation,lalu klik Apply.
  3. Klik Apply pada jendela summary yang muncul.
  4. Biarkan proses download berlangsung hingga selesai.Jika tidak ada error,maka Skype siap digunakan.
  5. Setelah Skype terinstalasi dengan baik,Anda dapat menjalankan aplikasi Skype dari menu Applcations | Internet | Skyper.

Membuat User Skype
Sebelum menggunakan Skype untuk berbicara secara gratis,Anda dan teman harus memiliki account Skype terlebih dahulu.Berikut tahapan membuat user di Skyper:
  1. Tampilkan halaman login Skype,lalu klik link “Don't have a Skype Name yet?”yang terdapat di bawah kolom pengisia Skype Name.
  2. Beberapa saat kemudian,akan muncul jendela “create a new Skype Account”.Isikan masing-masing bagian sesuai dengan username,e-mail,dan password Anda.Perhatikan panulisan password user Skype yang digunakan karena password disini harus berisi beberapa karakter dari huruf,angka,dan simbol.Jika tidak diikuti prosedurnya,maka user aka gagal dibuat.Setelah selesai,klik Sign Up.
  3. Proses pembuatan user selesai,ditandai dengan munculnya jendela Congrulations.Klik Close untuk menutup jendela tersebut.Kini Anda dan teman sudah dapat berkomunikasi via jaringa Skype.

Menambah User Skype
Untuk dapat berkomunikasi antarpengguna Skype,Anda harus melakukan penambahan user ke dalam account Skype.Langkahnya hampir sama denga penggunaan layanan pesan lainnya.Berikut langkah penambahan user di Skype:
  1. Klik lambang Add or search for skype contact,yang terdapat pada bagian kiri bawah halaman login Skype yang berwarna hijau.
  2. Selanjutnya,akan tampil jendela Add a Skyper Contact.Masukan username teman Anda pada kolom paling atas,dan klik Search.Jika tidak mengetahui secara lengkap username teman Anda,gunakan fungsi search untuk mencari secara random.
  3. Biarkan proses mencari berjalan pada jendela searching.Jika ditemukan,maka nama teman Anda akan terilhat pada tabel dibawahnya,sesuai dengan Full Name,Skype Name,City,dan Country-nya.Pilih nama teman Anda,lalu klik Add Contact.
  4. Muncul jendela Say Hello untuk teman Anda.Teruskan dengan melakukan klik OK
  5. Apabila penambahan user teman Anda berhasil,maka akan langsung terlihat id username teman Anda pada halaman Skype.Untuk dapat berkomunikasi,teman Anda harus menlakukan Approve atas undangan penambahan Anda.

Membuat Pesan
Skype dapat digunakan sebagai pembuat pesan via Internet ,seperti layanan Yahoo Messenger atau Gtalk.Sesama pengguna Skype dapat berkirim pesan sehingga user Skype dapat berkomunikasi via teks,suara,dan gambar.Berikut langkah mengirim pesan teks di Skype:
  1. Pastikan Anda sudah login sebagai user Skype,dan coba lihat apakah tema yang hendak Anda kirimkan pesan berstatus online atau tidak.Pastikan teman Anda juga online denga melihat warna hijau pada username teman Anda.
  2. Klik kanan pada icon chat berwana biru untuk Chatting,atau Anda dapat juga melakukan klik kanan pada user,lalu pilih Start Chat untuk memulai chatting.
  3. Tunggu hingga layar chat yang diinginkan tampil.Isi kolom pada jendela chat untuk menuliskan pesan dan tekan [ENTER]untuk mengirimkan pesan ke teman Anda.
  4. Jika ingin melaukakn chatting dengan lebih dari tiga orang,Anda dapat melakukannya dengan Klik Add People pada jendela chat di pojok kiri atas.Setelah muncul jendela Add to Chat,pilih id user yang ingin ditambahkan.Klik Add,lalu OK.
Menelpon via Skype
Selain dapat berkirim pesan,Skype juga dapat melakukan panggilan telepon secara gratis antarsesama pengguna Skype.Skype merupakan salah satu layanan terbaik dalam menyediakan layanan komunikasi telepon via Internet denga kualitas tingkat tinggi.Berikut langkah menelpon dengan menggunakan Skype:
  1. Login dengan user Skype,dan cek apakah ada teman yang dapat Anda ajak untuk melakukan pembicaraan via Skype.Sebelumnya,pastikan Anda dan tema sudah dapat mengofigurasikan headset yang menggunakan microphone sebagai output suara,agar dapat berkomunikasi dengan baik.
  2. Klik icon berwana hijau yang bergambar telepon untuk memulai hubungan telepon dengan teman Anda atau lakuka klik kanan pada username teman Anda,dan pilih Start Call.
  3. Skype akan melakukan proses dialing untuk menghubungi teman Anda.Lihat statusnya dari jendela yang muncul,setelah Anda melakukan klik Start Call.Setalah terhubung,Anda  dapat melihat Call Duration dari hubungan telepon yang berhasil dilakukan.
  4. Anda dapat mulai berbicara dengan teman Anda setelah tersambung.Untuk mengakhiri hubungan. Telepon,klik icon telepon warna merah pada jendela Call teman yang sedang Anda ajak bicara.

Menambahkan Skype di menu GNOME
Jika Anda menjalankan instalasi melalui paket tarball,maka Skype tidak dapat langsung masuk ke dalam menu.Untuk melakukan hal ini,Anda dapat menambahkannya secara manual ke menu Applications.Berikut tahapannya:
  1. Klik kanan pada menu Applications,lalu pilih Edit Menus.
  2. Setelah muncul jendela main menu,klik New Item,dan biarka hingga muncul launcher.Isikan nama aplikasi,dan isikan juga command sesuai dengan path dari file Skype.Contoh penulisannya,yaitu:./Documents/skype-2.1.0.47/skype.
  3. Apabila Anda ingin merubah icon,klik gambar pegas pada bagian kiri launcher,lalu isikan atau browse icon yang terdapat didalam file ekstrak dari Skype Klik OK.
  4. Klik OK pada launcher,jika Anda sudah selesai konfigurasi.Periksa tanda centang pada iten Skype,kemudian pilih Close.
  5. Buka menu Applications | Internet | Skype,untuk menjalankan Skype dari menu Gnome.

Masih penasaran dengan fitur lainnya?Lakukan eksplorasi dengan Skype.Selamat bersenang-senang!.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jangan yang ngada-ngada