Kamis, 28 Februari 2013

Repository Server Ubuntu 9.10


Repository Server Ubuntu 9.10

Ingin melakukan proses instalasi paket Ubuntu 9.10 secara cepatUntuk melakukan hal ini,Anda dapat membuat sendiri repository  server lokal Ubuntu 9.10.Lebih cepat,dan makin hemat bandwitdh.

Reposutory server Ubuntu 9.10 dapat ditemukan dengan mudah di Internet.Hanya saja,terkadang tidak semua pengguna memiliki akses Internet yang berlimpah untuk dapat dengan mudah menginstalasikan paket dari Internet.Selain alasan ini,repository lokal juga dapat menghemat bandiwth dan waktu download di perusahaan yang cilent-nya banyak menggunakan Ubuntu 9.10.Untuk menyiasati hal ini,pengguna tersebut dapat membuat repository server lokal.
            Cara termudah untuk membuat repository lokal adalah dengan membeli DVD repository Ubuntu 9.10 dari sejumlah toko online yang menjual CD/DVD Linux seperti di http://gudanglinux.com http://juragan.kambing.ui.ac.id,dan http://tokoku-online.com.Jika koneksi Internet Anda sangat cepat dan berlimpah,file iso CD/DVD Repository Ubuntu 9.10 ini juga dapat di download dari url http://kambing.ui.ac.id/iso/ubuntu-repository/9.10/
Setelah memiliki 7 DVD Repository Ubuntu 9.10,lakukan langkah berikut untuk memulai proses pembuatan repository lokal Ubuntu 9.10
  • Pastikan saat ini PC yang akan dijadikan sebagai repository server sofware Ubuntu 9.10 sudah terinstalkan sistem operasi dengan distro Ubuntu,dan sudah terkoneksi ke repository Ubuntu yang terdapat di Internet dengan baik
  • Setelah memiliki 7 DVD Repository Ubuntu 9.10 tersebut,kini beralih ke dekstop Ubuntu 9.10 Anda.Pastikan Anda masih memiliki kapasitas harddisk kosong sekitar +/- 29 GB untuk kebutuhan tersebut.Pada contoh ini,penulis akan meng-copy-ka isi 7 DVD repository tersebut ke direktori tersebut dengan perintah berikut:
 $ sudo mkdir -p  /media/sda1/repo/karmic
  • Masukan DVD #1 Repository Ubuntu 9.10 ke dalam drive DVD-ROM.Pindah ke dalam direktori DVD #1 Repository Ubuntu 9.10 tersebut,kemudian copy-kan seluruh isinya ke direktori “/media/sda1/repo/karmic”
 $ sudo cp -rfa * /media/sda1/repo/karmic/
  • Setelah proses copy selesai,keluarkan DVD #1 Repository Ubuntu 9.10 dari drive DVD-ROM,lalu masukkan DVD #2 Repository Ubuntu 9.10 ke dalam drive DVD-ROM.Copy-kan seluruh isi DVD #2 Repository Ubuntu 9.10 ini ke dalam direktori “/media/sda1/repo/karmic”.Ulangi langkah yang sama untuk meng-copy seluruh isi DVD Repository Ubuntu 9.10 yang lain.
  • Berikutnya,ubah hak kepemilikan seluruh isi folder dan file di “/media/sda1/repo/karmic/”menjadi user root.
 $ sudo chown -Rf root.root /media/sda1/repo/karmic/
 $ sudo chown -Rf root.root /media/sda1/repo/karmic/*
  • Ubah juga seluruh hak akses file yang terdapat dalam direktori “/media/sda1/repo/karmic/” menjadi 644,dan hak akses folder menjadi 755.
 $ sudo find /media/sda1/repo/karmic/ -type f -exec
 chmod 644 {} \;
 $ sudo find /media/sda1/repo/karmic/ -type d -exec
 chmod 755 {} \;
  • Lanjutkan dengan menghapus seluruh file index”Packages.gz:DVD Repository Ubuntu 9.10 yang terdapat dalam folder “/media/sda1/repo/karmic/dists/karmic/”dengan perintah berikut:
 $ sudo find/media/sda1/repo/karmic/dists/karmic/ -name
 “Packages.gz” -exec rm {} \;
  • Sebelum dapat membuat file index,pastikan paket dpkg-dev sudah tersintalasi dengan baik pada sistem Anda.Jika belum terinstalasi,silakan gunakan repository Ubuntu 9.10 yang terdapat di Internet,lalu gunakan perintah berikut untuk menginstalasikan paket dpgkg-dev.
 $ sudo apt-get intall dpkg-dev
  • Kini,kita akan membuat file index”Packages.gz”dari masing-masing komponen repository,yakni main,multiverse,restricted,dan universe.Kita akan mulai dari komponen repository main.
     Login sebagai root,lalu pindah ke direktori /media/sda1/repo/karmic.
 $ sudo su -
 # cd /media/sda1/repo/karmic
     Buat file index “Packages.gz” komponen repository”main” ke direktori “/media/sda1/repo/karmic/dicsts/karmic/main/binary-i386”
 # dpkg-scanpackages pool/main /dev/null | gzip -9c >
 dista/karmic/main/binaru-i386/Packages.gz
Note:pembuatan file index”Packages.gz”memakan waktu cukup lama,tergantung banyaknya paket yang di-index.Jadi,biarkan saja hingga proses pembuatan file index selesai dilakukan.
  • Lanjutkan dengan membuat file index”Packages.gz”untuk komponen repository,multiverse,restricted,dan universe.
     Pastikan masih login sebagai root,dan masih berada dalam direktori”/media/sda1/repo/karmic”.
     Untuk membuat file index”Packages.gz”komponen repository”multiverse” ke direktori “/media/sda1/repo/karmic/dists/karmic/multiverse/binary-i3860”,gunakan perintah berikut:
 # dpkg-scanpackages pool/multiverse /dev/null | gzip -
 9c > dists/karmic/multiverse/binary-i386/Packages.gz
     Untuk membuat file index “Packages.gz”komponen repository “restricted”ke direktori “media/sda1/repo/karmic/dists/karmic/restricted/binary-i386”,gunakan perintah berikut:
 # dpkg-scanpackages pool/restricted /dev/null | gzip -
 9c > dists/karmic/restricted/binary-i386/Packages.gz
     Untuk membuat file index “Packages.gz”komponen repository”universe” ke direktori “/media/sda1/repo/karmic/dists/karmic/universe/binary-i386”
 # dpkg-scanpackages pool/universe /dev/null | gzip -9c
 > dists/karmic/universe/binary-i386/Packages.gz
  • Proses pembuatan index paket seleasi.Kini agar client dapat mengakses repository server yang telah dibuat,kita akan menginstalasikan web server Apache.Instalasikan paket web server Apache dengan menggunakan perintah berikut.
 $ sudo apt-get install apache2
  • Untuk mengarahkan repository ke direktori”media/sda1/repo/karmic”,enable-kan mod Apache alias dengan perintah berikut:
 $ sudo a2enmod alias
  • Lanjutkan dengan menambahka baris kongfigurasi berikut dalam file kongfigurasi “/etc/apache2/mods-available/alias.conf”.
 $ gksudo gedit /etc/apache2/mods-available/alias.conf

 <IfModule alias_module>
 ...
 ...
 Alias /karmic “/media/sda1/repo/karmic”
 <Directory /media/sda1/repo/karmic>
 Options Indexes FollowSymLinks MultiViews
 AllowOverride All
 Order allow,deny
 allow from all
 AddType text/plain gz
 AddEncoding x-gzip gz
 </Directory>

 </IfModule>
  • Restart service Apache dengan menggunakan perintah berikut:
 $ sudo /etc/init.d/apache2 restart
  • Proses pembuatan Repository Server Ubuntu 9.10 selesai,dan siap digunakan.

Penggunaan Repository Server Ubuntu 9.10
Setelah repository server selesai dibuat,PC Client Ubuntu 9.10 yang terdapat dalam satu jaringan dapat langsung menggunakannya.
  • Sebagai contoh,IP Address Repository Ubuntu 9.10 yang baru saja kita buat adalah 192.168.2.4.Maka PC Client Ubuntu 9.10 yang terdapat pada subnet jaringan yang sama,cukup menambahkan baris berikut pada file/etc/apt/sources.list.
 $ gksudo gedit /etc/apt/sources.list
 deb http://192.168.2.4/kamic main multiverse re-
 stricted universe
  • Simpan hasil perubahan file /etc/apt/sources.list tersebut,kemudian jalankan perintah berikut untuk melakukan update index paket.
 $ sudo apt-get update
  • Untuk melakukan instalasi paket,Anda cukup menjalankan Synaptic dari menu System | Administartion | Synaptic Package Manager.
  • Pada halaman Synaptic Package Manager,Anda tinggal memberi tanda centang untuk memilih paket yang ingin diinstalasi,pilih option Mark for Installation,lalu klik Apply untuk memulai proses instalasi.Tunggu hingga proses instalasi selesai.
  • Selain menggunakan Synaptic Package Manager yang berbasis GUI,Anda juga dapat menggunakan APT sebagai sistem manajemen paket berbasis Commad Line Interface.Untuk menggunakan APT,jalankan aplikasi GNOME Terminal dari menu Applicarion | Accessories | Terminal.
  • Untuk menginstalasikan paket dari terminal Command Line Interface,gunakan perintah apt-cache[nama-paket-yang-akan-diinstall],untuk mempermudah pencarian paket.Contoh:untuk mencari paket sqlite,gunakan perintah berikut:
 $ sudo apt-cache search sqlite | more
  • Setelah ditemukan paket yang akan diinstall,gunakan perintah apt-get install [nama-paket-yang-akan-diinstall]
 $ sudo apt-get install sqlite3
Perpustakaan Uch Tata

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jangan yang ngada-ngada